Senin, 01 September 2008

Yang Murah...Yang Enak... untuk Berbuka

(TMMB Project 2)

Tempat mangkal angkot line "BM" di daerah Siwalankerto, tepatnya di dekat rel kereta api agaknya pada momentum puasa kali ini mulai marak dengan pedagang makanan berbuka. Ketika dikunjungi kemarin (1/9), para pedagang mengaku telah mulai mempersiapkan dagangannya sejak pukul 14.30 dan rencananya akan selesai pukul 18.00 di hari pertama puasa hari itu. Dagangan berupa makanan dan minuman untuk berbuka puasa tersebut digelar sederhana di atas meja panjang dari kayu. Harga yang terjangkau dan rasa yang enak adalah faktor penting dagangan berbuka ini laris manis. Kolak,ayam panggang, dan aneka kue tradisional merupakan jenis dagangan yang paling cepat habis. Pembelinya pun dari berbagai kalangan, dari ibu rumah tangga, anak kost di sekitaran Universitas Kristen Petra, hingga pegawai yang singgah sepulang kantor. Jeni, salah satu pembeli mengaku ini bukan kali pertama ia membeli makanan di sini. Walau tidak berpuasa, ia menyempatkan dirinya untuk membeli kolak ubi pisang kegemarannya sore itu. "Harganya terjangkau, lagian enak pula seperti makanan rumah", akunya.

Menurut Erni, wanita setengah baya yang berjualan di tempat itu, ini bukan tahun pertama ia berjualan makanan dan minuman pembuka. Tahun-tahun sebelumnya sekedar oba-coba dan ternyata menguntungkan, sehingga tahun-tahun berikutnya ia setia menggelar dagangan yang lebih beragam di tempat yang sama.
Asalkan ketika berdagang tidak mengganggu lalu lintas, juga ketika selesai berdagang tidak meninggalkan tumpukan sampah, fenomena keberadaan pedagang musiman di bulan puasa telah dipandang sah-sah saja oleh masyarakat sekitar Siwalankerto.

Tidak ada komentar: